Home

Minggu, 31 Oktober 2010

Satuan Pembelajaran Ekonomi IPS kelas X


DAFTAR PEMETAAN MATERI PEMBELAJARAN
EKONOMI AKUNTANSI

No
Standar Kompetensi
Semester
Alokasi Waktu
Jumlah SKS
Ket
Gazal
Genap
1
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
X

3 kali pertemuan (9x45 menit perminggu)
2
















2.
Memahami konsep ekonomi dalam
Kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
X















3.
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan dan penawaran, harga keseimbangan dan pasar
X






















4.
Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
X










5.
Memahami produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)

X
3 kali pertemuan (9x45 menit perminggu)
2





















6.
Memahami konsumsi dan investasi

X


7.
Memahami uang dan perbankan

X



8.
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.

X















9.
Memahami APBN dan APBD
X

3 kali pertemuan (9x45 menit perminggu)
3

10.
Mengenal Pasar Modal
X



11.
Memahami perekonomian terbuka
X



12.
Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
X













13.
Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahawan
X










14.
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.

X
3 kali pertemuan (9x45 menit perminggu)
2






15.
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

X








Jumlah
2
2

9



Mengetahui                                                                               Palembang,
Kepala Sekolah                                                                         Sekretaris






PROGRAM TAHUNAN (PROTA)

Sekolah                    :  SMA Negeri 11 Palembang
Mata Pelajaran         :  Ekonomi
Kelas/Program          :  X (sepuluh)
Tahun                       :  2010 / 2011

Semester
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Ket

1.   Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

1.1    Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2    Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
1.3    Mengindentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
1.4    Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
1.5    Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
1x45 menit

1x45 menit



1x45 menit



1x45 menit



2x45 menit


2.    Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

2.1    Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
2.2    Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram.
2.3    Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
2x45 menit


2x45 menit

2x45 menit


3.    Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar.

3.1    Mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
3.2    Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
3.3    Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.
3.4    Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
3.5    Mendeskripsikan pasar input.
2x45 menit


2x45 menit


2x45 menit


2x45 menit

2x45 menit


4.    Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
4.1    Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.
4.2    Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi.
2x45 menit


2x45 menit


5.    Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN).
5.1    Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN.
5.2    Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.
5.3    Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
5.4    Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi.
2x45 menit

4x45 menit


2x45 menit


4x45 menit


6.    Memahami konsumsi dan investasi.

6.1    Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.
6.2    Mendeskripsikan kurva permintaan investasi.
4x45 menit

4x45 menit


7.    Memahami uang dan perbankan.

7.1    Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang.
7.2    Membedakan peran bank umum dan bank sentral.
7.3    Mendeskripsikan kebijakan pemerintah dibidang moneter.


Mengetahui                                                                             Palembang,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran






PROGRAM SEMESTER (PROSEM)


Sekolah                    :  SMA Negeri 11 Palembang
Mata Pelajaran         :  Ekonomi
Kelas/Program          :  X / 2 (Genap)
Tahun                       :  2010 / 2011

A.  Alokasi Waktu Dalam Semester
I.         Banyaknya pecan dalam Semester II :
No
Nama Bulan
Banyaknya Pekan
1.
Januari 2010
4
2.
Februari 2010
4
3.
Maret 2010
4
4.
April 2010
4
5.
Mei 2010
5
6.
Juni 2010
2

Jumlah
23

II.      Banyaknya Pekan Yang Tidak Aktif selama Semester II :
1.    Kegiatan ulangan umum semester                      : 2   Pekan
2.    Kegiatan ulangan umum kelas X                        : 1   Pekan
3.    Kegiatan pengolahan nilai rapor + remedial       : 2   Pekan
4.    Jumlah                                                                 : 5   Pekan

III.   Banyaknya Pekan Yang Efektif : (23 - 5 ) Pekan = 18 Pekan

IV.   Banyaknya Jam Pelajaran Efektif :
(18 x 2) Jam Pelajaran                        = 36 Jam Pelajaran

















B.  Distribusi Alokasi Waktu
No
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1.




2.
4.     Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
4.1    Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.
4.2    Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi.
5.    Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN).
5.1     Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN.
5.2     Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.
5.3     Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
5.4     Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi.


2 Jam Pelajaran

2 Jam Pelajaran



2 Jam Pelajaran
4 Jam Pelajaran

2 Jam Pelajaran
4 Jam Pelajaran
3.


4.
6.    Memahami konsumsi dan investasi.
6.1     Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.
6.2     Mendeskripsikan kurva permintaan investasi.
7.     Memahami uang dan perbankan.
7.1     Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang.
7.2     Membedakan peran bank umum dan bank sentral.
7.3     Mendeskripsikan kebijakan pemerintah dibidang moneter.

2 Jam Pelajaran
4 Jam Pelajaran

2 Jam Pelajaran
4 Jam Pelajaran
2 Jam Pelajaran



SILABUS

Sekolah                                          :  SMA Negeri 11 Palembang
Mata Pelajaran                               :  Ekonomi
Kelas/Program                               :  X
Semester                                        :  1
Standar Kompetensi                      :  1.  Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi Waktu                              :  10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan/Alat
1.1    Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Kebutuhan manusia
·   Pengertian kebutuhan.
·   Macam-macam kebutuhan

·   Mencari informasi tentang kebutuhan manusia melalui berbagai sumber.
·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·   Mendiskusikan kebutuhan didaerah setempat yang paling dominan.
·   Mengkalsifikasian jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan


·   Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.

Jenis tagihan : pertanyaan lisan, ulangan tugas individu, tugas kelompok.

Bentuk tagihan : tes tertulis, uraian bebas.

2x45 menit

Referensi yang relevan pada sumber bahan.
1.2    Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Berbagai sumber ekbonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
·   Pengertian kelangkaan
·   Faktor penyebab kelangkaan
·   Pengalokasian sumber daya ekonomi.
·   Menggali informasi tentang kelangkaan.
·   Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·   Mengidentifkasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya
·   Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.

·   Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
·   Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
Ulangan harian, tugas kelompok, tes tertulis, uraian bebas.
2x45 menit

1.3   Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.

Masalah pokok ekonomi
·   Barang apa yang diproduksi.
·   Bagaimana cara memproduksi.
·  Untu siapa barang diproduksi.

·   Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memperoduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui tudi lapangan di suatu daerah.

·   Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memperoduksi dan untuk siapa barang diproduksi.

Tugas lisan, tugas individu
2x45 menit

1.4   Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Biaya peluang.
·   Pengertian biaya peluang.
·   Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja

·   Mengkaji referensi tentang permasalahan ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·   Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·   Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
·   Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Ulangan harian, tes tertulis, tugas individu
2x45 menit

1.5   Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
Sistem ekonomi.
·   Pengertian sistem ekonomi.
·   Macam-macam sistem ekonomi.
·   Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
·   Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
·   Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi.







·   Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan.
·   Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.





·   Mengdentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi).








Ulangan harian, tes tertulis, ulangan bebas
2x45 menit



Standar Kompetensi                      :  2.  Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Alokasi Waktu                              :  10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan/Alat
2.1   Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.

Perilaku konsumen dan produsen.

·   Membahas manfaat dan nilai suatu barang, mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka/observasi lapangan tanpa tatap muka (diluar jam pelajaran/penugasan terstruktur)

·   Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
·   Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen.
·   Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik).
·   Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik).
Jenis tagihan : ulangan tugas individu, tugas kelompok

Bentuk tagihan: Uraian obyektif, tes tertulis.
4x45 menit
Referensi yang relevan pada sumber bahan.
2.2   Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
Arus lingkaran kegiatan ekonomi.
·   Diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Folw Diagram).
·   Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram).
·   Mengakaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat (circulair flow diagram) bagi pengambil kebijakan ekonomi.
·   Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram).
·   Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
Tugas individu ulangan harian, tes tertulis, uraian bebas.
2x45 menit

2.3   Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
·   Manfaat interaksi pelaku ekonomi.
·   Pelaku ekonomi.
·   Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka.
·   Menunjukkan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.
·   Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi, rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri.
·   Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
Ulangan harian, tugas kelompok.
2x45 menit



Standar Kompetensi                      : 3.  Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar.
Alokasi Waktu                              :  10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan/Alat
3.1      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
Permintaan dan penawaran
·   Pengertian permintaan dan kurva permintaan.
·   Pengertian penawaran dan kurva penawaran.
·   Faktor yang mempengaruhi penawaran.
·   Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya).
·   Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi (misal : telur menjelang hari raya).
·   Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
·   Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
·   Menggambar kurva permintaan dan penawaran.
Jenis tagihan : ulangan.

Bentuk tagihan: uraian bebas.
2x45 menit
Referensi yang relevan pada sumber bahan.
3.2      Menjelaskan hukum permintaan dan hukun penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
Hukum permintaan dan penawaran
·   Menemukan hokum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
·   Menunjukkan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan dimasyarakat (misal : harga jeruk di Pontianak)
·   Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya

·   Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.
Tes lisan, tugas individu
2x45 menit

3.3      Mendeskripsikan pengertian harga dan junlah kesimbangan
Harga kesimbangan.
·   Fungsi permintaan dan penawaran
·   Kurva permintaan dan penawaran.

·   Pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
·   Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran.






·   Pengertian harga dan output kesimbangan
·   Menentukan harga dan output kesimbangan
·   Pengeseran titik kesimbangan
·   Menumukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk Pontianak)

·   Mengakaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal barang-baramg elektronik dan barang kebutuhan pokok).






·   Memberi contoh proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi  jual beli.
·   Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
·   Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
·   Menentukan harga dan output keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik

·   Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.

·   Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
·   Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.

·   Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output kesimbagan dan menggambarkan grafiknya.
·   Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan.
Ulangan, tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis, uraian bebas.
6x45 menit

3.4   Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
Pasar barang
·   Pengertian pasar barang.
·   Bentuk-bentuk pasar barang (pasar output).
·   Mendeskripsikan pengertian dan bentuk pasar barang melalui kajian referensi.
·   Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).
Tes lisan, tugas individu.
2x45 menit

3.5   Mendeskripsikan pasar input
Pasar Input
·  Pasar input (pasar faktor produksi)
·   Merumuskan pasar input melalui kajian referensi.
·   Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan.
·   Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar Input
Ulangan harian, tugas kelompok
2x45 menit



0 komentar:

Poskan Komentar